Ads 720 x 90

Tambahkan aplikasi Elraihanah.blogspot.com di smartphone tanpa install, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Elraihanah.blogspot.com dari layar utama smartphone Anda.

5 Cara Ampuh Mengurangi Parenting Stress


Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh, bunda. Bagaimana kabar bunda dan juga ananda?. Bagaimana pula pola pengasuhan bunda?. Apakah lebih baik dari yang sebelumnya?.

Dalam dunia pengasuhan, memanglah suatu aktifitas yang entah kapan selesainya. Seakan tak pernah usai dalam keseharian aktifitas kita. Terlebih jika kita memiliki anak yang jaraknya berdekatan. Perlu kesabaran, keuletan, dan strategi yang tepat agar anak mendapatkan hak nya secara adil. Jika kita tidak bisa melakukannya dengan baik, maka kita pun akan stress. Ya, parenting stress. Orang tua manapun pernah memiliki pengalaman yang membuatnya stress. Karena Itulah, upaya dan kerja keras untuk meringankan stress sangatlah penting.

1.Ajaklah Suami Bunda Untuk Ikut Berperan Dalam Pengasuhan Anak

Tidak hanya seorang ibu yang berkewajiban mengasuh dan mendidik anak. Seorang ayah memiliki tanggung jawab lebih terhadap anaknya. Ajaklah suami dan berkomunikasilah agar gaya pengasuhannya selaras. Jangan lupa untuk mendelegasikan tugas kepada suami agar bunda dapat mengerjakan pekerjaan rumah lainnya.

2. Memperdalam Ilmu Parenting Secara Up To Date


Gaya pengasuhan orang tua kita dahulu belum tentu dapat diterapkan kepada anak kita. Karena memang sudah berbeda zaman. Banyak sekali ilmu yang berkembang seiring bergantinya waktu. Lupakan gaya pengasuhan orang tua yang membuat luka membekas dihati bunda. Buatlah lembaran baru dan berikan pengasuhan yang tepat dan benar untuk anak kita.

3. Gabung dengan Komunitas Parenting

Nah, ini pun sangat penting untuk bunda bergabung di komunitas parenting atau komunitas ibu. Karena disini kita dapat sharing dengan bunda-bunda lainnya yang bisa jadi memiliki permasalahan yang sama terkait pengasuhan.

4. Me Time

Dengan rangkaian kegiatan yang itu-itu saja dan tidak pernah selesai, me time menjadi hal yang wajib untuk bunda lakukan. Sisihkan waktu agar bunda dapat melakukan aktifitas yang bunda sukai. Hal ini dapat membuat hati senang dan lebih rileks.

5. Pacaran lagi dengan suami.

Selain me time, perlu juga sesekali ayah dan bunda menyisihkan waktu hanya untuk berdua. Bisa dilakukan dengan cara ngobrol santai atau sekedar makan diluar dengan tanpa kehadiran anak. Anak bisa dititipkan terlebih dahulu kepada orang tua atau mertua dengan memastikan terlebih dahulu bahwa anak bunda aman bersama mereka dan tidak terlalu merepotkan mereka.

Dengan 5 cara ampuh ini insya Alloh dapat membuat bunda lebih rileks dalam melaksanakan pengasuhan atau parenting terhadap anak. Yang lebih terpenting adalah bunda benar-benar menyadari akan fitrahnya seorang ibu. Maka bunda akan lebih ikhlas dalam melaksanakannya tanpa ada keluh kesah yang berhujung stress.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter