Ads 720 x 90

Tambahkan aplikasi Elraihanah.blogspot.com di smartphone tanpa install, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Elraihanah.blogspot.com dari layar utama smartphone Anda.

Bingung Cari Pendidikan Untuk Anak Perempuan? Inilah Yang Seharusnya Anak Perempuan Anda Dapatkan


Assalamualaikum Ummah, bagaimana kabarnya? semoga sehat selalu dan tetap dalam bimbingan Alloh.

Pembahasan kali ini masih berkaitan tentang fitrahnya seorang perempuan. Dalam al qur'an dan juga hadits Rosululluh saw yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, bahwa fitrah seorang perempuan adalah menjadi istri dan juga ibu. Kelak, ketika anak perempuan kita dewasa nanti, pasti mereka akan menjadi istri dan juga ibu.

Seorang ibu adalah madrasah pertama untuk anak-anaknya nanti. Hal ini sesuai dengan sebuah syair


الأُمُّ مَدْرَسَةٌ إِذَا أَعْدَدْتَهَا أَعْدَدْتَ شَعْبًا طِيْبَ اْلأَعْرَاقِ

الأُمُّ رَوْضٌ إِنْ تَعَهَدْهُ … بِالرِّي أَوْرَقَ أَيْمَا إِيْرَاقٍ

الأُمُّ أُسْتَاذُ اْلأَسَاتِذَةِ اْلأُلَى … شَغَلْتَ مآثِرُهُمْ مَدَى اْلآَفَاقٍ


Ibu ibarat sekolah jika engkau mempersiapkannya"
sesungguhnya engkau telah mempersiapkan generasi yang indah perangainya.
Ibu ibarat tanaman yang dipenuhi kehidupan, jika engkau siram maka akan tumbuh tanaman serindang-rindangnya.
Ibu adalah gurunya para guru pertama yang keutamaannya mempesona di pelosok penjuru dunia

Terlihat dalam syair diatas, betapa pentingnya peran ibu dalam pendidikan anak anaknya. Maka apabila seorang ibu tidak dibekali dengan ilmu, lalu bagaimana bisa seorang ibu bisa menjadi madrasah pertama untuk anak-anaknya.

Jika ada yang ingin merusak peradaban Islam, maka apa yang akan ia lakukan pertama kali ? Ia akan merusak kaum wanita terlebih dahulu. Ia akan merusak seorang ibu. Bahkan syetan pun jika ingin menghancurkan sebuah keluarga, maka yang syetan goda adalah Ibunya. Inilah betapa pentingnya kita berusaha agar bisa menjadi istri dan juga ibu yang sholehah.

Dalam al qur'an banyak sekali kisah kisah tentang perempuan, diantaranya Maryam, istri Fir'aun, istri Nabi Musa, ibu Nabi Musa, ibu Nabi Ismail, istri Nabi Adam, istri Nabi Nuh, istri Nabi Luth, dsb. Apabila digolongkan peran wanita dalam 4 hal yaitu istri, ibu, pribadi dan juga sosial, manakah peran perempuan yang paling banyak Alloh kisahkan dalam al qur'an?.

Peran pribadi kah? Sosial? Istri? Atau ibu?.

Peran istri dan ibu lah yang banyak dikisahkan dalam al qur'an. Terutama peran istri. Mengapa? Apabila seorang perempuan memerankan dirinya sebagai istri dengan maksimal , maka itu akan membantu dirinya dalam peran seorang ibu. Karena syurga dan neraka nya seorang istri ada pada suaminya. Jika suami ridho terhadap istri, maka akan membantu dalam hal pengasuhan dan pendidikan anak. Jika suami ridho terhadap istri, maka urusan istri pun akan mudah.

Tidak ada dalam Alquran ayat yang menjelaskan tentang kehidupan pribadi seorang perempuan, apalagi kehidupan sosialita seperti pada zaman sekarang ini. Karena memang bukan itulah alasan Alloh menciptakan perempuan.

Oleh karena itu, pendidikan tepat yang seharusnya diberikan kepada anak perempuan adalah ilmu agama, akhlak, pengasuhan, psikologi, rumah tangga serta biografi wanita wanita yang menjadi tokoh dalam kemuliaan akhlak. Yaaa, itulah yang seharusnya anak perempuan pelajari. Semua hal yang berkaitan dengan perannya yang akan dijalankan ketika dewasa nanti.

Apabila kita telusuri sejarah para ulama, kita akan menemukan bahwa rahasia dibalik keagungan mereka adalah pada apa yang diajarkan oleh Ibu-ibu mereka. Seperti halnya Ali bin Abi Thalib yang mencintai kebenaran dan membela Rosululluh saw, Muawiyah dalam keuletan dan kecerdasannya, Abdullah bin Zubair dalam keberaniannya, dsb. Dalam semua itu ada rahasia dibalik layar yang dimainkan oleh Fatimah binti Sa'ad, Shafiyyah binti Abdul Muthalib, Asma’ binti Abu Bakar dan Hindun binti ‘Urbah.

Terkadang selalu ada perkataan terlontar seperti ini, “buat apa anak perempuan sekolah tinggi, nanti ujung-ujungnya bakal diam di dapur juga”. Perkataan seperti ini tidak sepenuhnya salah dan benar. Memang takdir nya perempuan, pasti akan didapur. Tapi seorang ibu juga butuh pendidikan tinggi. Lalu yang salah apa? Yang salah adalah jurusan kuliah yang diambil. Ambillahjurusan yang pastinya bisa diamalkan untuk diri sendiri dan juga anak-anaknya. .

Semoga Alloh selalu membimbing kita dalam mengasuh dan mendidik amanah yang amat besar. Aamiin

Ibu adalah guru alam semesta. Seorang wanita yang sanggup menggoyangkan buaian dengan tangan kanannya, pasti sanggup menggoyangkan dunia dengan tangan kirinya. Oleh karena itu, memperbaiki rumah tangga harus dimulai dengan memperbaiki ibu yang menjadi ruh dan tiang penyangga rumah tangga tersebut. (Risalah Anja'ul Wasa'il)

Sumber : Prophetic Parenting dan Ust Budi Ashari

Related Posts

Subscribe Our Newsletter