Ads 720 x 90

Tambahkan aplikasi Elraihanah.blogspot.com di smartphone tanpa install, klik ikon 3 titikdi browser Chrome kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Elraihanah.blogspot.com dari layar utama smartphone Anda.

3 Tips Agar Hati Menjadi Lapang


Bismillah
Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Hai, bunda. Pernahkah bunda merasakan cemas, gundah, bingung ataupun resah?. Hmm. Persis sekali dengan apa yang sedang El rasakan saat ini dalam menyikapi masalah yang tengah melanda keluarga kecilku. Masalah itu merupakan ujian. Ujian terhadap kualitas diri sebagai hamba Alloh. Tetapi semakin difikirkan, perasaan cemas ini malah semakin menjadi. Hidup yang El rasakan semakin tidak tenang dihantui dengan kegundahan.

Tidak mau berlarut-larut dalam kecemasan yang sangat merugikan, El akhirnya mengikuti 3 tips agar hati menjadi lapang ataupun tenang. Apa saja 3 Tips Agar Hati Menjadi Lapang ?

1. Mengaitkan Hati Kepada Alloh swt

Apapun yang kita miliki, semuanya adalah milik Alloh swt. Dari ujung kepala hingga ujung kaki, adalah milik Alloh swt. Perjalanan hidup dari semenjak lahir hingga saat ini, semua telah Alloh swt atur dengan sedemikian rupa. Tidak ada sesuatu pun yang luput dari pengawasanNya. Maka taat dan berserah dirilah kepadaNya.

2. Menutup Berkas-berkas Masa Lalu

Bersedih akibat mengingat dan mengenang masa lalu merupakan hal yang tidak ada untung nya. Masa lalu tidak akan pernah terulang kembali. Kesedihan tidak akan mampu untuk mengembalikannya. Jangan pernah hidup dalam mimpi buruk masa lalu. Lupakanlah dan move on. Mengingat masa lalu hanya akan mematahkan semangat dan menyia-nyiakan waktu yang sangat berharga. Orang yang berusaha kembali pada masa lalu sama halnya dengan orang yang menumbuk tepung, atau orang yang menggergaji serbuk kayu.

3. Tidak Larut dalam Angan-angan

Memiliki angan atau harapan dimasa depan itu sangat diperbolehkan, tetapi tidak terlalu larut dalam menyikapinya. Apalagi jika sampai percaya terhadap ramalan-ramalan yang padahal belum tentu akan sama persis terjadi seperti itu. Jangan pernah mendahului sesuatu yang belum terjadi. Hari esok adalah sesuatu yang belum nyata. Belum tentu kita pun masih hidup untuk hari esok. Jadi buat apa kita cemas terhadap sesuatu hal yang belum terjadi. Fokuslah hanya dengan hari ini. Hari yang sedang kita jalani dan lakukanlah segala hal yang bermanfaat. Itu lebih baik daripada memikirkan masa depan yang belum terjadi dan ada Alloh yang sudah mentakdirkan segala sesuatunya. Maka, gantungkanlah angan atau pengharapan itu hanya kepada Alloh swt.

Itulah 3 Tips Agar Hati Menjadi Lapang ataupun tenang. Semoga artikel 3 tips agar hati menjadi tenang ini dapat bermanfaat untuk bunda-bunda semua. Aamiin. 

Sumber : La Tahzan (Dr. 'Aidh Al-Qarni)

Related Posts

Subscribe Our Newsletter